Musik Bikin Orang Tenang

Saat orang mendengarkan musik, terkadang orang akan merasa tenang bahkan merinding. Namun, ada juga yang tak merasakan apapun.

Studi baru mengungkap bahwa mereka yang memiliki sifat terbuka terhadap pengalaman baru, kemungkinan besar akan merasakan sensari tenang dan merinding saat mendengarkan musik.

Peneliti Emily Nusbaum dan Paul Silvia dari University of North Carolina Amerika Serikat (AS) melakukan penelitian pada mahasiswa dengan menanyakan seberapa sering mereka merasakan ketenangan hingga merinding, atau bahkan merasa seperti rambut mereka sedang berdiri saat mendengarkan musik.

Menurut pernyataan dari University of North Carolina, mereka juga mengukur pengalaman mahasiswa terhadap musik. Terdapat lima dimensi utama kepribadian, extraversion (ketertarikan), conscientiousness (hati nurani), agreeableness (keramahan), neuroticism (neuroticisme), dan openness (keterbukaan) terhadap pengalaman baru.

Orang yang memiliki kadar openness tinggi merupakan orang kreatif, ingin tahu tentang banyak hal, memiliki imajinasi aktif dan suka bermain dengan ide-ide, dan mereka jauh lebih sering merasa tenang ketika mendengar musik.

Biasanya, orang yang memiliki kadar openness tinggi pandai memainkan alat musik dan mereka menilai musik lebih penting dalam kehidupan mereka. Tak mengherankan jika orang-orang ini lebih banyak mendengarkan musik.

“Ada banyak cara guna menunjukkan kemiripan orang, namun pengalaman merasakan ketenangan bukanlah salah satunya,” kata peneliti dalam studi ini.

“Sekitar 80% orang dalam studi tak pernah mengalami ketenangan setelah mendengarkan musik, tapi pada dasarnya banyak orang yang menjadi tenang setiap hari setelah mendengarkan musik.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: