Peugeot 3008 dan Peugeot 5008

Langkah yang dilakukan PT Astra International Tbk-Peugeot Sales Operation untuk membuat mobil yang dipasarkan di Indonesia agar lebih terjangkau harganya yaitu merakit dengan cara semi-knocked down atau SKD.

Constantinus Herlijoso, CEO PT AI Tbk-PSO, menjelaskan, Peugeot Perancis berpendapat, impor SKD lebih berpeluang ketimbang completely knocked down (CKD). Pasalnya, investasi lebih sedikit dan waktunya juga lebih cepat. “Investasi SKD sekitar Rp 5 miliar dan bisa menggunakan fasilitas yang ada, misalnya, menggandeng Gaya Motor,” ujar Herlijoso di sela peluncuran Peugeot 5008 di Jakarta, Jumat (26/11/2010) ini.

Perbedaan mendasar antara CKD dan SKD adalah bentuk impornya. Kalau CKD terurai penuh, sedangkan SKD mesin dan bodi utuh, hanya beberapa bagian kecil komponen yang masih terpisah.

Untuk itu, Peugeot Perancis akan mengirimkan delegasinya ke Indonesia mulai tahun depan untuk mempersiapkan rencana SKD. “Diperlukan sekitar 6 bulan untuk memulai SKD di sini. Mudah-mudahan bisa direalisasikan tahun depan,” jelasnya.

Kalau di Malaysia Peugeot merakit 207, di Indonesia PT AI-PSO mengusulkan dua model, yakni Peugeot 3008 dan Peugeot 5008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: